Apa sih Bisnis Online itu..?

Bisnis Online saat ini telah menjadi tren baru di Indonesia seiring dengan makin mudahnya koneksi internet, baik itu di warnet, hotspot, atau bahkan punya koneksi internet sendiri. Makin mudah dan murahnya akses internet tersebut membuat sebagian besar orang saat ini merasa bahwa internet telah menjadi kebutuhan primer, dan hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang yang bisa melihat peluang. Mungkin kalo di negara-negara maju bisnis online telah begitu banyak, hal ini wajar karena akses internet disana pun telah lama menjadi kebutuhan yang utama bagi masyarakatnya. Bahkan mata uang elektronik (e-currency) seperti PayPal, AlertPay, Liberty Reserve dan lain-lain telah menjadi alat pembayaran yang sah dan banyak digunakan untuk transaksi online.

"Sebenernya apa sih bisnis online itu..?", mungkin dari kata-katanya saja kita semua sudah tau kalo bisnis online adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan atau profit dengan media internet. "Trus gimana caranya..?" Caranya ya macem-macem tergantung bisnis seperti apa yang mau dibuat, jadi mungkin lebih tepatnya adalah "apa saja jenis-jenis bisnis online itu..?"

Sebelumnya saya mau sampaikan bahwa apa yang saya tulis disini sekedar berbagi pengetahuan bagi temen-temen yang sekedar ingin tau tentang bisnis online atau memang tertarik untuk menekuni bisnis online ini sebagai tambahan penghasilan bahkan mungkin sebagai sumber penghasilan utama. Saya sendiri sih saat ini masih manjalani bisnis online sebagai penghasilan tambahan saja, tapi saya tetep berusaha serius menjalaninya meskipun konsekuensinya saya harus pinter-pinter bagi waktu.

Sekarang akan saya uraikan secara singkat jenis-jenis bisnis online:

Jenis Pertama: Anda mempunyai produk dan menjualnya lewat internet. Untuk jenis ini Anda diwajibkan punya website sendiri, dimana Anda berpromosi tentang keunggulan produk Anda sehingga calon pembeli yang membaca akan tertarik dan akhirnya membeli produk tersebut. Produk ini dapat berupa barang-barang elektronik, kerajinan, buku dll. Website yang melayani penjualan produk-produk seperti ini biasanya disebut Toko Online. Selain barang-barang tersebut, produk juga bisa berupa e-book atau software. Bisnis berupa penjualan ebook atau software inilah yang sekarang marak terjadi di Indonesia, mungkin karena produknya berupa ebook atau software sehingga pembeli bisa langsung download setelah melakukan pembayaran dan diberi akses untuk download oleh sang penjual.

Jenis Kedua: Anda tidak punya produk tapi Anda membantu menjual produk orang lain, ini sering disebut sebagai affiliate program. Syaratnya pun Anda harus punya web atau blog, sebagai tempat memajang link atau banner dari program afiliasi yang Anda ikuti. Jika ada pengunjung web/blog Anda yang membeli produk dari link/banner tersebut, maka Anda dapat komisi dari sang pemilik produk. Produk yang dijual bisa berupa ebook berupa informasi bisnis, misalnya Formula Bisnis dan Uang Panas, bisa juga berupa software, misalnya Rahasia Download, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Jenis Ketiga: Anda tidak punya produk dan tidak menjual produk orang lain. Untuk kategori ini, banyak sekali program yang dapat Anda ikuti, seperti Adsense, PTC (paid to click), dan program-program investasi seperti Team-Investor, Bisnissuccess, KRShare dan masih banyak lagi.

Program mana yang cocok dengan anda dan ingin anda tekuni.., silahkan sesuaikan dengan kondisi anda sendiri..

Semoga ada manfaatnya..

Belajar Bisnis Online | Sebuah Panduan untuk Pemula