E-Currency

E-Currency atau bisa diartikan sebagai mata uang elektonik adalah alat pembayaran yang sah layaknya uang, namun dalam bentuk digital. Berbeda dengan uang kebanyakan yang mempunyai wujud nyata seperti uang pecahan Rp.100; Rp.500 yang berbentuk koin atau pecahan Rp.10.000; Rp.50.000 dan Rp.100.000 dalam bentuk kertas, e-currency tidak mempunyai bentuk yang nyata. E-currency hanya dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya saja, misalnya PayPal, AlertPay, Liberty Reserve dan masih banyak lagi. Untuk mempunyai "uang" jenis PayPal, Anda harus mempunyai 'rekening online' di PayPal, begitu juga untuk jenis "uang-uang" yang lain. Hebatnya lagi masing-masing jenis "uang" tersebut bisa saling ditukarkan layaknya money changer yang dapat menukar dolar ke rupiah atau sebaliknya.

Diantara sekian banyak e-currency, PayPal mungkin salah satu yang paling banyak dipakai sebagai alat pembayaran untuk bertransaksi di internet, selain credit card tentunya. Jadi bagi kita yang ngga punya kartu kredit pun masih bisa bertransaksi hanya dengan memiliki 'rekening online' PayPal. Pertanyaannya adalah bagaimana kita caranya kita mengisi (deposit) dolar ke rekening online kita..? Saat ini banyak situs yang melayani jasa jual-beli e-currency, jadi Anda tidak perlu khawatir misalnya untuk membeli dolar untuk didepositkan ke rekening PayPal Anda.

"Lalu, apa hubungannya dengan bisnis online..?" Setiap aktivitas bisnis pasti membutuhkan suatu alat pembayaran, begitu juga dengan bisnis online. Meskipun situs-situs bisnis atau toko online di Indonesia banyak yang menerima pembayaran lewat transfer bank konvensional atau ATM, namun untuk untuk situs-situs internasional kegiatan transaksi lebih cenderung menggunakan credit card atau e-currency. Tidak ada ruginya Anda coba membuat account di salah satu 'rekening online' yang telah saya sebutkan di atas.

Go Online..

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Belajar Bisnis Online | Sebuah Panduan untuk Pemula