Adsense

Istilah Adsense mulai heboh di dunia internet marketing awalnya saat muncul program afiliasi Google, yaitu Google Adsense. Selanjutnya untuk menjelaskan apa itu adsense, saya akan menggunakan program afiliasi google adsense tersebut sebagai contoh. Kita tau bahwa google sebagai search engine terbesar akan selalu dikunjungi oleh para pencari informasi dari seluruh dunia. Adalah wajar jika para pebisnis kelas dunia sekalipun akan tertarik untuk mempromosikan situs perusahaannya, toko online-nya, atau mungkin situs-situs bisnis lainnya melalui google. Untuk bisa berpromosi di google tentu mereka harus membayar sejumlah uang ke pihak google. Besar kecilnya uang promosi pada umumnya tergantung pada jumlah klik pada link/banner promosi mereka, misalnya mereka harus membayar ke google sebesar $100 untuk 100 kali klik atau $1 per klik (sekali lagi ini cuma misalnya saja). Program ini oleh google disebut sebagai Google Adwords.

Mungkin karena banyaknya orang yang berminat untuk berpromosi di google, maka google memberikan kesempatan kepada para pemilik web atau blog untuk memajang iklan mereka di web/blog kita.. Bagi-bagi tugas dan rejeki gitu deh.. Kemudian setiap ada pengunjung web/blog kita yang meng-klik iklan tersebut, kita akan diberi komisi oleh google, misalnya $0.5 per klik. Google dapat $1 dari pengiklan, trus dibagi ke kita $0.5, jadi masing-masing dapet $0.5.. sama-sama untung kan..? Inilah konsep dari adsense. Kalo mau tau lebih detil bagaimana cara menghasilkan dolar melalui blog, coba baca Blog for Dollar.

Di Indonesia juga ada beberapa program afiliasi adsense semacam itu, salah satunya adalah Kumpul Blogger. Disini Anda akan dibayar Rp.300 per klik (harga saat ini, mungkin sewaktu-waktu bisa berubah). Jika Anda punya web/blog dan belum mengikuti program afiliasi ini, tidak ada salahnya untuk mencoba.. Gratis kok.. Daftar Sekarang

Belajar Bisnis Online | Sebuah Panduan untuk Pemula