Konsep PageRank

Dalam usaha mendatangkan pengunjung ke sebuah web/blog, parameter yang sering dijadikan acuan adalah Google Pagerank. Semakin besar nilai pagerank suatu web/blog, semakin besar pula kemungkinan web/blog tersebut muncul dalam search engine, dan tentunya akan dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke web/blog tersebut.

Pagerank mempunyai skala antara 1-10 dengan 10 adalah nilai tertinggi, sehingga sebuah situs yang mempunyai pagerank 8 akan diurutkan lebih dahulu di mesin pencari google dibandingkan situs dengan pagerank 7 atau yang lebih rendah, demikian seterusnya.

Banyak cara yang digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan Meta Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Adalah link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain ( misalnya Meta Keywords dan Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus didesain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan link popularity, dalam setiap halaman akan diperhitungkan adanya inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan jumlah inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting, jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut. (Sumber: Wikipedia).

Belajar Bisnis Online | Sebuah Panduan untuk Pemula