Affiliate Marketing

Affiliate Marketing kadang juga disebut referrer program atau affiliate program (dalam bahasa indonesia lebih dikenal sebagai 'program afiliasi') merupakan salah satu cara yang cukup mudah untuk menghasilkan uang dari internet. Mudah, karena anda hanya menjual produk/jasa milik orang lain (merchant), dan anda sebagai penjual produk orang lain biasanya disebut sebagai affiliate marketer. Tapi tidak sepenuhnya mudah juga, karena untuk dapat menjual produk/jasa para affiliate marketer harus pandai berpromosi agar konsumen tertarik untuk membeli produk/jasa tersebut.

Bagaimana cara kerjanya..? Dalam bisnis online, affiliate marketer melakukan penjualan melalui affiliate link. Untuk bisa mendapatkan affiliate link, anda harus mendaftar dulu dengan mengisi form pendaftaran. Setelah itu affiliate merchant akan mengirim email yang biasanya berisi kesepakatan tentang program afiliasi yang anda ikuti dan mengirim juga affiliate link milik anda yang bersifat unik (berbeda untuk setiap orang). Tugas anda adalah menjual produk tersebut dengan cara mempromosikan affiliate link yang telah anda dapatkan.

Media promosinya bisa lewat web/blog anda sendiri, iklan-iklan baris, atau bisa juga lewat iklan PPC (pay per click). Alternatif pertama tentu merupakan pilihan yang bijak karena anda tidak perlu modal untuk berpromosi, jika web/blog anda mempunyai traffic yang tinggi. Tetapi anda juga patut memperhitungkan promosi lewat iklan PPC, karena iklan anda akan tertarget pada orang-orang yang memang membutuhkan produk/jasa tersebut.

Setiap ada pengunjung web/blog yang nge-klik link tersebut dan membeli produk yang ditawarkan, maka anda akan dapat komisi dari affiliate merchant. Besarnya komisi tergantung pada kesepakatan awal antara anda (affiliate marketer) dengan pemilik produk/jasa (affiliate merchant).

Belajar Bisnis Online | Sebuah Panduan untuk Pemula